Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatu...

Klik tombol diatas, dan link aku akan nongkrong di blogmu. Aku pasti segera link balik kalau kamu ninggalin jejak

Hidup Belajar

Tuesday, May 19, 2009

SISTEM PEMROSESAN INFORMASI

Informasi mula-mula diterima oleh reseptor yang kemudian masuk ke dalam pengindraan. Dimana sebagian dari informasi tersebut kemudian dipindahkan dalam memori kerja otak dan sebagian lagi hilang karena memori kerja bersifat terbatas kapasitasnya.

Di dalam memori ini ada tiga bentuk pengetahuan yang disajikan yaitu, proposisi, produksi dan gambaran mental. Dimana proposisi dapat disamakan dengan sebuah gagasan dan sifatnya abstrak. Jaringan proposisi menyimpan sejumlah informasi yang berhubungan lebih berdekatan dari pada sejumlah informasi yang tidak berhubungan. Di dalam proposisi juga disajikan pengetahuan deklaratif yang mengetahui apa saja itu dan juga ada pengetahuan procedural yang mana bertugas mengetahui bagaimana melakukan sesuatu. Antara pengetahuan deklaratif dan procedural terdapat perbedaan dimana procedural bersifat lebih cepat dan reaktif dibandingkan dengan deklaratif.

Produksi dimaksudkan sebagai sebuah cara untuk menyajikan pengetahuan procedural dan hasil dari penerapan suatu produksi merupakan suatu transformasi informasi serta dalam kegiatannya dilakukan secara sadar pada waktu yang bersamaan.

Gambaran mental menyajikan informasi secara kontinu (bertahap), tidak secara diskrit. Gambaran mental merupakan penyajian-penyajian analog dan digunakan dalam memori kerja untuk memikirkan hal-hal yang mempunyai suatu dimensi spasial dan dimensi abstrak. Dan dari penggunaan gambaran mental inilah dapat menolong kita untuk mengingat informasi yang baru.

Dari keseluruhan proses diatas, informasi terbagi dalam 2 cara penyimpanan yaitu informasi yang didapat ada yang diulang dan ada yang tidak diulang. Dimana informasi yang diulang akan masuk dalam long term memory (LTM), informasi yang tersimpan akan bisa dipanggil kembali sewaktu-waktu dan dapat dimunculkan dalam pola-pola perilaku Sedangkan informasi yang tidak diulang akan masuk dalam short term memory (STM) dan informasi tersebut akan hilang.

0 komentar:

Silakan Diisi Bagi Pengunjung Blog Ini


ShoutMix chat widget

Silakan Pasang Iklan."Gratis Lho"


Judul
Email
Website
Isi Iklan
Kategori
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Reviewmu.com
Free money making opportunity. Join Cashfiesta.com and earn cash.
BuyBlogReviews.com
 
Super © 2010 Template feito por Templates para Você Tested by Blogger Templates